Thursday, June 11, 2009

Debat panas : "MEGA-PLAN"


Rawa di daerah Daha Utara, Negara sangat potensial jika dimanfaatkan sebagai sumber pemasukan bagi daerah setempat. Dari pengembangan rawa menjadi objek wisata hingga pemanfaatan sumberdaya alamnya dapat mengubah kehidupan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik dan juga taraf kehidupan yang meningkat.

Dalam debat antar tiga program studi, yakni Fisika, Matematika, dan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, kami ( Prodi Ilmu Komputer ) mengangkat tema Mega Plan, dimana dalam perencanaan itu mengemban misi membawa pihak pemerintah dan pihak-pihak yang terkait untuk memberiakan arahan dan membuka paradigma sehingga daerah rawa di Daha Utara dapat memberiakan hasil yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat.


Kami membawa MegaPlan dengan komposisi yang pertama adalah memanfaatkan kotoran dari ternak kerbau rawa dan tumbuhan air eceng gondok menjadi komoditas setempat. Kotoran kerbau dapat dimanfaatkan untuk penyubur tanaman (pupuk) yang tentunya dengan pengolahan. Tumbuhan eceng gondok dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinanan anyaman dan sebagainya. Dengan adanya hal ini dapat mengangkat nama Daha, Negara di mata masyarakat luas, sama halnya Kota Kandangan yang terkenal dengan "dodol"-nya, Negara pun dapat terkenal dengan kerajinana anyaman eceng gondok-nya.

Dengan membawa investor yang dapat bekerja sama dengan pemerintah, tentunya pengembangan rawa sebagai objek wisata yang menarik dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya peternakan kerbau rawa di daerah rawa tesebut dapat menarik minat pengunjung bahkan tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga tidak menutup kemungkinan menarik pengunjung dari luar negeri.

Perlu di garis bawahi bahwa semua perencanaan yang kami ungkapkan dalam debat terbuka tersebut dalam prakteknya bukanlah kami yang menangani semua pengelolaannya, kami akan merangkul pemerintah setempat dan memberikan penjelaan kepada para investor untuk memebantu pemda dalam mewujudkannya. Jadi kami hanya menyuguhkan hal-hal teknisnya dan pemerintah Daha, Negara lah yang mengangani masalah taktisnya secara langsung.

Tentunya kita berharap untuk kehidupan yang lebih baik bagi sesama kita.

Read more →
 
 
Copyright © SMART BEKANTAN
Designs By Bhambank Mbambong Blog