Wednesday, April 8, 2009

Mencegah kerusakan Flash Disk

Flask disk tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan hampir dari kita semua memiliki benda kecil yang penting ini.

Apalagi dengan adanya flask disk,kemudahan menyimpan dan membawa data dapat kita dapatkan. Sehingga apa bila suatu saat memerlukannya,tidak sulit untuk menggunakan data-data tersebut. Sehingga sangat disayangkan jika Flash Disk kita rusak.

Supaya flash disk tetap terjaga dan bisa bekerja dengan baik,ada beberapa hal yg perlu diperhatikan,di antaranya sebagai berikut:

1. Hindarkan Dari Pengaruh Medan Magnet Kuat.
Jangan meletakkan flash disk didekat benda-benda yang mengandung magnet, misalnya televisi, radio. Karena keduanya memiliki pengaruh medan magnet yang sangat kuat.

Begitu juga dengan handphone. Jangan meletakkan flash disk bersamaan dalam satu tempat dengan handphone,misalnya disaku celana, atau mungkin di dalam tas. Jangan pernah meletakkan dekat barang-barang sejenis yang memiliki medan magnet yang besar.

2. Jangan Terkena Air.
Jauhkan flash disk dari sentuhan air, meskipun beberapa merk menyatakan flash disknya waterproof.

3.Virus Scan.
Seringnya pengambilan data atau pemindahan dari PC ke flash disk,sangat memungkinkan ikut berpindahnya virus-virus yang terdapat dalam komputer. Jadi lakukanlah scan virus secara berkala dengan antivirus yang Anda percaya.

4.Proses Eject, Stop atau Safely Remove.
Jangan lupa untuk selalu melakukan perintah "Eject", "Stop", atau "Safely Remove" sebelum mencabut flash disk dari port USB. Hal tersebut dilakukan mencegah flash disk cepat rusak dan melindungi data.

5.Jauhkan Dari Tempat Panas.
Flash disk juga termasuk barang elektronik yang sangat rentan terhadap panas. Jadi hindari menyimpan atau meletakkan flash disk di tempat yang bersuhu tinggi dan hindari sinar matahari langsung.

6.Hindari Benturan Keras.
Jangan salahkan flash disknya jika sering rusak,apabila sering terjatuh atau terbentur benda keras.
7.Tutuplah Selalu.
Tutup selalu socket flash disk biar nggak kotor,karena udara luar yang penuh debu dan kotoran dapat mengotori socket flash disk Anda,yang mengakibatkan proses baca tulis sering gagal.

8.Minimalisir Proser Baca Tulis.
Setiap benda pasti akan rusak seiring dengan usia dan frekuensi penggunaan. Pada umumnya usia Flash Disk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Sehingga, usahakan meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flash disk.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melindungi media penyimpanan yg memuat data-data penting Anda.


Ingin Artikel Ini..??



0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © SMART BEKANTAN
Designs By Bhambank Mbambong Blog